Introduction IBM DB2

apa sih IBM DB2 itu?? IBM DB2 merupakan software DBMS (Database Management System) yang dapat memudahkan untuk mengatur data data yang dikumpulkan seperti CRUD(Create, Read, Update, Delete ) data. Software ini merupakan product dari perusahaan IBM. Kenapa milih IBM DB2 berikut keunggulannya

  1. Dapat dijalankan pada bermacam-macam platform Menunjang client/server platform, aplikasi multimedia, object oriented Dirancang untuk memperoleh informasi dalam bisnis berskala kecil maupun besar Memiliki alat yang mengizinkan user membuat macam-macam aplikasi untuk mengakses dan bekerja dengan data.
  2. Mengurangi biaya administrasi
  3. Meningkatkan efisiensi dan mengurangi kebutuhan storage
  4. Sangat mudah migrasi dari Database lain
  5. Support multi-platform
  6. Mendukung abstraksi penyimpanan logical database table dalam multi node dan multi disk environtment.
  7. DB2 mendukung strip(pencacahan /penyebaran) antar kontainer.
  8. DB2 juga mendukung prefecthing dan asynchronous writes menggunakan thread yang terpisah.

source:

IBM DB2 memiliki 3 produk utama dalam keluarga IBM DB2

  1. IBM DB2 Express C

Merupakan edisi perangkat lunak sistem manejemen basis data yang dapat diunduh, digunakan dan diredistribusikan secara gratis. Dalam versi ini diberikan fitur manejemen basis data relasional dan basis data berbasis XML

softwarenya dapat di download disini : http://www-01.ibm.com/software/data/db2/express-c/download.html

2. IBM DB2 Workgroup Server Edition

DB2 Workgroup Server Edition adalah yang dapat terskala secara ideal,  perangkat lunak database relasional yang dapat digunakan  untuk usaha kecil menengah.

Selain memiliki kekuatan dan kehandalan untuk menangani beban kerja tingkat departemen dengan mudah, Workgroup Server Edition dikemas dengan fitur yang mengurangi biaya keseluruhan  termasuk:

  • DB2 pureScale, dimana efisien skala database Anda di beberapa node dalam sebuah arsitektur cluster bersama-disk.
  • DB2 kemampuan pureXML yang dapat membantu mengurangi biaya pengembangan dan meningkatkan kelincahan bisnis saat bekerja dengan data XML asli.
  • Waktu Query Travel, yang dapat mengurangi biaya pengembangan dan meningkatkan efisiensi ketika bekerja dengan data temporal.
  • Kemampuan kompresi Back-up yang dapat membantu menghemat uang dengan mengurangi kebutuhan penyimpanan cadangan.
  • High Availability Disaster Recovery (HADR), yang dapat meminimalkan biaya yang berkaitan dengan downtime terencana dan tidak terencana.
  • Manajemen memori self-tuning dan fitur otonom lainnya yang dapat sangat mengurangi biaya pemeliharaan database sehari-hari.
  • Keamanan dan pemeriksaan kemampuan yang sangat mengurangi risiko yang tidak sah, tidak terdeteksi akses data.
  • Peningkatan produktivitas pengembang yang membuatnya lebih mudah bagi pengembang non-DB2 untuk menulis aplikasi untuk DB2 dengan keterampilan yang ada.
  • Sederhana pengadaan untuk cloud deployment dengan IBM Beban Kerja Deployer.

        3.  IBM DB2 Enterprise Edition

DB2 Enterprise Server Edition adalah perangkat lunak database yang mampu menangani beban kerja yang paling menuntut.

Dirancang untuk server departemen besar dan menengah, Enterprise Edition harus dipertimbangkan untuk aplikasi yang membutuhkan fleksibilitas dan skalabilitas. Perusahaan Server Edition dikemas dengan fitur yang mengurangi biaya keseluruhan memiliki database termasuk:

  • Waktu Query Travel, yang dapat mengurangi biaya pengembangan dan meningkatkan efisiensi ketika bekerja dengan data sementara
  • DB2 pureXML, yang dapat membantu Anda mengurangi biaya pengembangan dan meningkatkan kelincahan bisnis saat bekerja dengan data XML asli.
  • Kompresi kemampuan mendalam yang mengurangi kebutuhan penyimpanan Anda.
  • Data Management Multi-Suhu, yang memungkinkan Anda untuk fleksibel mengoptimalkan lingkungan penyimpanan Anda untuk kinerja maksimum
  • Advanced manajemen beban kerja dan tuning kemampuan kinerja, yang memungkinkan lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dengan hardware yang ada.
  • Ketersediaan data maksimum, yang dapat meminimalkan biaya yang berkaitan dengan downtime terencana dan tidak terencana.
  • Manajemen self-tuning memori dan fitur otonom lainnya, yang dapat sangat mengurangi biaya pemeliharaan database sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s